Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMISKONSEPSI SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL BERDASARKAN PERBEDAAN GAYA KOGNITIF
Nama: TIRTA ANDRIANI
Tahun: 2021
Abstrak
Tirta Andriani. 2021. Miskonsepsi Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Bedasarkan Perbedaan Gaya Kognitif. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Patthuddin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa dan penyebab miskonsepsi pada materi persamaan linear satu variabel berdasarkan perbedaan gaya kognitif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) miskonsepsi siswa pada materi persamaan linear satu variabel yang memiliki gaya kognitif FI (subjek FI): (a) miskonsepsi dalam menerapkan konsep persamaan yang ekuivalen. 2) miskonsepsi siswa pada materi persamaan linear satu variabel yang memiliki gaya kognitif FD (subjek FD): (a) miskonsepsi dalam menerapkan sifat distrubitif perkalian terhadap pengurangan, (b) miskonsepsi dalam mangoprasikan bentuk aljabar pada operasi penjumlahan, (c) miskonsepsi konsep PLSV akibatnya melakukan beberapa kesalahan diantaranya tidak membuat pemisalan karena keliru dalam menyebutkan materi yang terkait pada soal, keliru dalam menentukan model matematika dalam bentuk persamaan, (d) miskonsepsi dalam menerapkan konsep persamaan yang ekuivalen. 3) penyebab terjadinya miskonsepsi yang dialami FI (subjek FI): pemikiran asosiatif siswa dan intuisi siswa yang salah. 4) penyebab terjadinya miskonsepsi yang dialami FD (subjek FD): konsep awal siswa salah, tahap perkembangan kognitif siswa, reasoning siswa tidak lengkap atau salah, pemikiran asosiatif siswa, dan intuisi yang salah. Kata kunci: Miskonsepsi,Gaya Kognitif, Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV)

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up