JudulAnalisis Kesalahan Siswa Pada Penyelesaian Soal Trigonometri Kelas X MIPA 6 SMA Negeri 5 Palu Berdasarkan Kemampuan Matematika |
Nama: ESA KURNIAWAN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang kesalahan siswa pada penyelesaian trigonometri di kelas X MIPA 6 SMA Negeri 5 Palu berdasarkan kemampuan matematika. Kesalahan pada penelitian ini dibagi menjadi tiga sesuai dengan teori Kesalahan Kastolan, yaitu kesalahan konsep, kesalahan prosedur dan kesalahan teknik. Peneliti melakukan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 2 siswa, yaitu 1 siswa berkemampuan matematika tinggi dan 1 siswa berkemampuan matematika rendah. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Data dikumpulkan dengan cara tes dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Subjek berkemampuan matematika tinggi tidak melakukan kesalahan konsep, namun melakukan kesalahan prosedur dan kesalahan teknik dalam menyelesaikan soal trigonometri. (2) Subjek berkemampuan matematika rendah melakukan kesalahan konsep dan kesalahan prosedur, tetapi tidak melakukan kesalahan teknik dalam menyelesaikan soal trigonometri. Kata Kunci: Kesalahan Kastolan, Soal Trigonometri, Kemampuan Matematika. |