JudulKesalahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Dako Pemean Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat Ditinjau Dari Kemampuan Matematika |
Nama: CINDY ADE PUTRI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Cindy Ade Putri, 2024. Profil Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Dako Pemean dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Baharuddin, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi profil kesalahan konseptual dan prosedural oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dako Pemean dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat ditinjau dari kemampuan matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Dako Pemean tahun ajaran 2023/2024. Berjumlah 3 orang siswa yaitu 1 siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah, 1 siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang, dan 1 siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Subjek dalam penelitian ini dipilih berdasarkan rata-rata nilai matematika hasil Ujian Tengah Semester (UTS) siswa dan rekomendasi dari guru matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes tertulis, dan wawancara. Hasil penelitian dianalisis berdasarkan beberapa langkah yaitu kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) profil kesalahan siswa berkemampuan matematika tinggi melakukan kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural. Subjek dengan kemampuan matematika tinggi melakukan kesalahan langkah penyelesaian dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat meskipun telah paham terhadap konsep operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, ataupun pembagian dalam bilangan bulat. 2) profil kesalahan siswa berkemampuan matematika sedang melakukan kesalahan konseptual dan juga kesalahan prosedural. Subjek dengan kemampuan matematika sedang tidak memahami konsep operasi hitung pada bilangan bulat negatif, subjek berkemampuan matematika sedang hanya memahami pengoperasian pada bilangan positif saja. 3). profil kesalahan siswa berkemampuan matematika rendah juga melakukan kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural. Subjek dengan kemampuan matematika rendah melakukan lebih banyak kesalahan yaitu kesalahan langkah penyelesaian, kesalahan operasi hitung pada penjumlahan bilangan yang bertanda sama-sama negatif sehingga salah dalam menentukan hasil operasi hitung, dan juga melakukan kesalahan perhitungan dalam menjumlahkan angka yang besar, kesalahan perhitungan dalam pembagian dan juga dalam perkalian bilangan bulat. Kata kunci: profil kesalahan, konseptual dan prosedural, operasi hitung bilangan bulat, kemampuan matematika. |