JudulEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VIII SMPN 1 SOJOL UTARA |
Nama: ZULKIPLI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Zulkipli (2022). Efektivitas Pembelajaran Blended learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas VIII SMPN 1 Sojol Utara. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing H. Mustamin Idris. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang Efektivitas Pembelajaran Blended learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas VIII SMPN 1 Sojol Utara. Penelitian ini merupakan kuantitatif eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan pembelajaran blended learning menggunakan aplikasi google classroom. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes untuk mengukur hasil belajar matematika siswa berupa tes uraian singkat. Data hasil belajar menggunakan analisis statistik yaitu uji-t menggunakan SPSS 16. Kriteria pengujian satu pihak dengan dk=n-1 dan taraf signifikansi ?=0,05 yaitu t_hitung= 18,076 > t_tabel = 1,711 sehingga hipotesis nol (H_0) ditolak dan hipotesis alternatif (H_1) diterima, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa sesudah dilakukan pembelajaran blended learning menggunakan google classroom lebih baik dari hasil belajar siswa sebelum dilakukan pembelajaran blended learning menggunakan google classroom yang berarti pembelajaran blended learning menggunakan google classroom efektif terhadap hasil belajar matematika di kelas VIII SMPN 1 Sojol Utara. Kata Kunci : Efektivitas, Blended Learning, Google Classroom, Hasil Belajar. |