JudulANALISIS KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 5 PALU PADA MATERI LIMIT BERDASARKAN GENDER BERKEMAMPUAN MATEMATIKA RENDAH |
Nama: SITI USWATUN HASANAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi matematis siswa laki-laki dan siswa perempuan berkemampuan matematika rendah pada materi limit. Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa kelas XII SMA Negeri 5 Palu pada semester gasal tahun ajaran 2020/2021. Dua orang siswa yang dipilih sebagai subjek penelitian terdiri dari seorang siswa laki-laki dan seorang siswa perempuan yang masing-masing berkemampuan matematika rendah, subjek dipilih dengan memperhatikan aspek gender dan kesetaraan kemampuan matematika. Data komunikasi matematis kedua subjek diperoleh melalui proses pengungkapan materi limit dan wawancara semi terstruktur yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara komunikasi matematis siswa laki-laki dan siswa perempuan khususnya pada komunikasi matematis lisan. Siswa laki-laki lebih mampu mengkomunikasikan pemahamannya secara lisan dengan mengungkap konsep-konsep limit, siswa laki-laki mampu menyampaikan materi limit menggunakan bahasanya sendiri dengan jelas. Sebaliknya, siswa perempuan cenderung kurang percaya diri dan mengkomunikasikan materi limit secara berbelit-belit juga sukar dipahami. Pada komunikasi matematis tertulis, kedua subjek menyajikan pemahamannya dengan menuliskan poin-poin penting dari materi limit, keduanya mampu menggunakan notasi-notasi limit dengan tepat juga mampu menyatakannya dalam bentuk grafik. Namun kedua subjek belum mampu mendeskripsikan materi limit menggunakan kata-kata secara tertulis dengan baik selain itu siswa laki-laki juga tidak mampu mengkomunikasikan istilah-istilah matematika dengan benar. |