JudulPengaruh Aspek-Aspek Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Bumi Raya |
Nama: SITI NURJANAH |
Tahun: 2022 |
Abstrak Siti Nurjanah, 2022. Pengaruh Aspek-Aspek Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Bumi Raya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ibnu Hadjar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII di SMP Negeri 2 Bumi Raya yang bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh self-efficacy aspek magnitude terhadap hasil belajar matematika siswa; (2) pengaruh self-efficacy aspek strength terhadap hasil belajar matematika siswa; (3) pengaruh self-efficacy aspek generality terhadap hasil belajar matematika siswa; (4) pengaruh self-efficacy aspek magnitude, aspek strength dan aspek generality secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Bumiraya berjumlah 75 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling nonprobability dengan metode sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket aspek magnitude, angket aspek strength, angket aspek generality dan dokumentasi nilai ulangan harian. Pengujian prasyarat analisis pada penelitian ini meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda dan mencari koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aspek magnitude di SMP Negeri 2 Bumiraya memiliki pengaruh yang signifikansi dan positif terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai signifikansi 0.00<0>0.05. (4) aspek magnitude, strength dan generality secara bersama-sama di SMP Negeri 2 Bumiraya memiliki pengaruh yang signifikansi dan positif terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai signifikansi 0.00<0.05. Besarnya pengaruh aspek magnitude, strength dan generality secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika sebesar 49.5%. Kata Kunci: self-efficacy, magnitude, strength, generality, hasil belajar, matematika, kuantitatif |