JudulPengaruh Adversity Quotient Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 SATAP Witaponda Pada Materi Bentuk Aljabar |
Nama: KASMIATI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Kasmiati, 2021. Pengaruh Adversity Quotient terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 SATAP Witaponda pada Materi Bentuk Aljabar. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Baharuddin Paloloang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh adversity quotient terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 SATAP Witaponda pada materi bentuk aljabar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 SATAP Witaponda yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Sampel penelitian adalah sebanyak 39 siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui angket adversity quotient dan tes prestasi belajar matematika pada materi bentuk aljabar. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Analasis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji analisi regresi linier sederhana. Hasil analisis data adversity quotient dan prestasi belajar matematika diperoleh nilai rata-rata 65,92 dan 34,33 dengan standar deviasi 6,13 dan 15,78. Hasil uji normalitas dengan chi-kuadrat yang diperoleh dari masing-masing data adversiti quotient dan prestasi belajar adalah -158,75 dan -41,736 < chi xss=removed> 0,05 yang berarti data berpola linier. Pengujian hipotesis menggunakan persamaan Y ?=-112,11+2,33X, kemudian dilakukan uji t dengan ?=5?n n = 39 diperoleh t_hitung=12,923>t_tabel=2,026 menunjukkan ada pengaruh yang signifikan adversity quotient terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 SATAP Witaponda pada materi bentuk aljabar. Kata Kunci: Adversity Quotient, Prestasi Belajar Matematika, Bentuk Aljabar |