JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH SPLDV SISWA KELAS VIII SMPN 19 PALU DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN PERBEDAAN JENIS KELAMIN |
Nama: TITIN WININGSIH |
Tahun: 2022 |
Abstrak Titin Winingsih. 2021. Profil Pemecahan Masalah SPLDV Siswa Kelas VIII SMPN 19 Palu Ditinjau dari Kemampuan Matematika dan Perbedaan Jenis Kelamin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Muh. Rizal, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi profil pemecahan masalah SPLDV siswa kelas VIII SMPN 19 palu ditinjau dari kemampuan matematika dan perbedaan jenis kelamin. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitaif. Subjek penelitian sebanyak 4 orang siswa yaitu siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi dan rendah masing-masing terdiri dari satu orang siswa lakilaki dan satu orang siswa perempuan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Siswa laki-laki yang memiliki kemampuan matematika tinggi menggunakan semua tahapan Polya dalam menyelesaikan permasalahan SPLDV. (2) Siswa perempuan yang memiliki kemampuan matematika tinggi belum mampu menggunakan semua tahapan Polya dalam menyelesaikan masalah SPLDV, tahapan yang dimaksud yaitu terdapat pada tahap memeriksa kembali. Akan tetapi subjek memberikan pendapatnya dengan menjelaskan menggunakan bahasanya sendiri mengapa tidak memeriksa kembali penyelesaian dari masalah yang diberikan. (3) Siswa laki-laki yang memiliki kemampuan matematika rendah belum mampu melalui semua tahapan Polya dalam menyelesaikan masalah, subjek hanya mampu melalui tahap memahami masalah akan tetapi subjek perlu membaca dan memperhatikan secara berulang-ulang informasi yang ada pada masalah. (4) Siswa perempuan yang memiliki kemampuan rendah belum mampu melalui semua tahapan Polya dalam menyelesaikan masalah, bahkan pada tahap memahami masalah subjek tidak dapat menyebutkan informasi dengan tepat baik itu tentang hal-hal yang diketahui maupun yang ditanyakan. Kata kunci: Profil Pemecahan Masalah, Tahapan Polya, Kemampuan Matematika. |