JudulAnalisis Miskonsepsi Siswa Pada Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Dengan Menggunakan Metode Three Tier Test Di Kelas VII SMP Negeri 6 Palu |
Nama: TITANIA CHRISTINE |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Titania, 2021. Analisis Miskonsepsi Siswa pada Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Dengan Menggunakan Metode Three Tier Test dikelas VII SMP Negeri 6 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing Mustamin Idris Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang miskonsepsi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini terdiri 22 siswa. Miskonsepsi pada penelitian ini akan diidentifikasi dengan menggunakan tes diagnostik three tier test. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes pilihan ganda beralasan dengan menggunakan metode three tier test. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat 10 siswa yang mengalami miskonsepsi pada persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Siswa dikategorikan kedalam miskonsepsi apabila jawaban siswa pada tingkat pertama atau tingkat kedua salah namun pada tingkat ketiga siswa yakin akan jawabannya. Atau apabila jawaban siswa pada tingkat pertama dan tingkat kedua salah namun pada tingkat ketiga siswa yakin akan jawabannya. Adapun beberapa miskonsepsi yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, yaitu menerapkan konsep bentuk umum persamaan linear satu variabel, menerapkan konsep penjumlahan dan pengurangan suku-suku sejenis, menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel, menerapkan konsep sifat distributif perkalian bilangan bulat, menerapkan konsep kesetaraan pada persamaan linear satu variabel, pengoperasian pada masing-masing ruas, menerapkan konsep perkalian aljabar, dan memahami soal cerita tentang persamaan linear satu variabel. Penyebab miskonsepsi pada siswa berasal dari kurangnya pemahaman siswa terkait suatu konsep dan metode daring yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar yang dianggap kurang efektif bagi siswa. Kata kunci: Analisis, Three Tier Test, miskonsepsi, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. |