JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH PERSAMAAN KUADRAT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PALU DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA |
Nama: SRI RIZKI FITRIANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Sri Rizki Fitriani. 2021. Profil Pemecahan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Palu Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Sukayasa, M. Pd Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi profil pemecahan masalah persamaan kuadrat pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Palu ditinjau dari kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa yang diambil dari 33 siswa kelas X SMA Negeri 3 Palu yang terdiri dari satu orang siswa yang berkemampuan matematika tinggi, satu orang siswa yang berkemampuan matematika sedang, dan satu orang siswa berkemampuan matematika rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil subjek MG yang berkemampuan matematika tinggi sebagai berikut: (1) mampu memahami masalah dengan membaca masalah secara berulang dan menentukan hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal, (2) mampu menyusun rencana pemecahan masalah dengan menggambar terlebih dahulu kemudian memisalkan lalu dijabarkan dan menggunakan rumus volume balok, (3) mampu melaksanakan rencana pemecahan masalah sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya dengan tepat baik tulisan maupun lisan, dan (4) mampu memeriksa kembali hasil pemecahan yaitu dengan menarik kesimpulan dari hasil jawaban baik tulisan maupun lisan. Profil subjek KT yang berkemampuan matematika sedang: (1) mampu memahami masalah dengan membaca masalah secara berulang dan menentukan hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal, (2) mampu menyusun rencana pemecahan masalah dengan membuat pemisalan untuk membuat model matematika dalam bentuk persamaan kemudian menggunakan rumus volume balok, (3) mampu melaksanakan rencana pemecahan masalah sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya dengan tepat baik secara lisan maupun tulisan, dan (4) tidak mampu memeriksa kembali hasil pemecahan karena sudah yakin dengan jawabannya dan tidak melakukan pemeriksaaan kembali jawabannya baik lisan maupun tulisan. Profil Subjek WO yang berkemampuan matematika rendah: (1) tidak mampu memahami masalah apa saja yang diketahui disoal dengan lengkap dan benar walaupun telah membaca soal berulang-ulang, (2) mampu menyusun rencana pemecahan masalah dengan langsung menetapkan rencananya yaitu menggunakan rumus volume balok, (3) tidak mampu melaksanakan rencana pemecahan masalah dengan tepat karena hasilnya hanya dengan mengira-ngira dan tidak mengaitkan jawabannya dengan penyelesaian persamaan kuadrat, baik secara lisan maupun tulisan, dan (4) tidak mampu memeriksa kembali hasil pemecahan karena sudah yakin dengan jawabannya dan tidak melakukan pemeriksaaan kembali jawabannya baik lisan maupun tulisan. Kata Kunci: Profil, Pemecahan Masalah, Persamaan Kuadrat, Langkah Polya, Kemampuan Matematika |