Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PHAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 6 BUNGKU UTARA SATAP
Nama: SINTA MALA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Sinta, 2021. “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 6 Bungku Utara Satap”. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Tegoeh S. Karniman. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 6 Satap Bungku Utara. Rancangan penelitian mengacu pada desain Arikunto, yang terdiri dari 4 komponen yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi, hasil belajar, hasil wawancara, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus di kelas VII SMP Negeri 6 Bungku Utara Satap yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 6 Bungku Utara Satap dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:(1) kegiatan awal, (2) kegiatan inti Think-Pair-Share, (3) kegiatan penutup. Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran siklus I, aktivitas guru berada pada kategori baik dengan total skor 37 kemudian aktivitas siswa berada pada kategori baik dengan total skor 33. Sedangkan hasil observasi pada siklus II, aktivitas guru berada pada kategori sangat baik dengan total skor 45 kemudian aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik dengan total skor 39. Hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share mengalami peningkatan dari pembelajaran siklus I ke pembelajaran siklus, terlihat dari persentase ketuntasan klasikal belajar siswa pada siklus I adalah 65% sedangkan pada siklus II adalah 90%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 6 Bungku Utara Satap Kata kunci : Hasil belajar, Tipe Think-Pair-Share, Aritmatika sosial

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up