Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH SPLDV MELALUI TAHAPAN POLYA DITINJAU DARI PERBEDAAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN BALA KESELAMATAN PALU
Nama: SILVANA P.
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Silvana P. 2020. Profil Pemecahan Masalah SPLDV melalui Tahapan Polya Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Kristen Bala Keselamatan Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Marinus Barra’ Tandiayuk. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pemecahan masalah SPLDV melalui tahapan Polya ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika pada siswa kelas VIII SMP Kristen Bala Keselamatan Palu. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa subjek yang mempunyai kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam memecahkan masalah SPLDV adalah sebagai berikut: (1) dalam tahap memahami masalah subjek berkemampuan tinggi, sedang dan rendah membaca masalah berulang, menyebutkan informasi yang diketahui berdasarkan kalimat pernyataan dan informasi yang ditanyakan berdasarkan kalimat perintah atau pertanyaan dari masalah dengan tepat. (2) dalam tahap menyusun rencana pemecahan masalah subjek berkemampuan tinggi dan sedang menggunakan pemisalan untuk membuat model matematika dalam bentuk persamaan berdasarkan yang diketahui dengan tepat dan menggunakan metode gabungan atau campuran (eliminasi-substitusi) dalam memecahkan masalah sedangkan subjek berkemampuan rendah menggunakan pemisalan tetapi tidak tepat dan membuat model matematika berdasarkan yang diketahui tetapi hanya satu persamaan yang tepat serta menggunakan metode substitusi untuk menemukan solusi dari yang ditanyakan. (3) dalam tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah subjek berkemampuan tinggi dan sedang melaksanakan rencana pemecahan masalah sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya dengan tepat sedangkan subjek berkemampuan rendah melaksanakan rencana pemecahan masalah sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya tetapi tidak tepat. (4) dalam tahap memeriksa kembali hasil pemecahan subjek berkemampuan tinggi menuliskan cara pengecekkan jawaban yaitu menggunakan metode substitusi dengan tepat sedangkan subjek berkemampuan sedang dan rendah sudah yakin dengan jawabannya dan tidak melakukan pemeriksaan kembali jawabannya. Kata kunci: Profil Pemecahan Masalah, Masalah SPLDV, Tahapan Polya Kemampuan Matematika

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up