Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajaar Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Di Mts Ddi Salumbia Pada Masa Pandemic Covid-19
Nama: SATMA M. TANG
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Satma M.Tang, 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial di kelas VIIA MTs DDI Salumbia. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Dr. Moh. Rizal, M.Si. Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas VIIA MTs DDI Salumbia pada materi Aritmatika Sosial. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh deskripsi penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi aritmatika sosial di kelas VIIA MTs DDI Salumbia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan pada penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmi dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu 1. Perencanaan, 2. Tindakan, 3. Pengamatan, 4. Refleksi. Data yang dikumpul pada penelitian ini adalah data observasi guru dan siswa pada saat pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, data wawancara dan data hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini siswa kelas VII A MTs DDI Salumbia yang berjumlah 16 siswa dan dipilih 3 siswa informan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA MTs DDI Salumbia dengan mengikuti fase-fase yakni: 1. Fase menyampaikan tujuan dan memotivasi, guru menyampaikan tujuan pembelajaran secara lisan dan memotivasi siswa untuk bersemangat dan aktif dalam pembelajaran, 2. Fase menyajikan atau menyampaikan informasi, guru menyajikan informasi mengenai materi yang di ajarkan dengan metode cerama dan Tanya jawab, 3. Fase mengorganisasi siswa kedalam kelompok belajar, guru membagi siswa dalam kelompok belajar yang heterogen dan membagikan LKS, 4. Fase membimbing kelompok bekerja dan belajar, guru memberikan bimbingan dan bantuan seperlunya yang sifatnya mengarahkan siswa menemukan jawaban dari LKS, 5. Fase evaluasi, guru meminta setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya didepan kelas, 6. Fase penghargaan kelompok, guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memper oleh predikat baik, hebet, dan super. Kata kunci: Penerapan kooperatif tipe STAD, Hasil Belajar; Aritmatika Sosial

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up