JudulAnalisis Number Sense Siswa SMP Negeri 2 Palu Pada Materi Pecahan |
Nama: ROSFITA S. |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis number sense siswa pada materi pecahan, ditinjau dari tingkat kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga orang siswa pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Tiga orang siswa yang dipilih sebagai subjek penelitian terdiri dari seorang siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Data dikumpulkan dengan cara metode tes dan wawancara. Hasil penelitian ini antara lain, siswa berkemampuan matematika tinggi: (1) Dapat menerapkan pemahaman bilangan dan operasinya, (2) Tidak dapat menerapkan kemampuan representasi, estimasi, dan komputasi mental, (3) Siswa terbiasa mengerjakan soal dengan menggunakan algoritma standar. Siswa berkemampuan matematika sedang: (1) mulai menerapkan pemahaman bilangan dan operasinya, (2) Tidak dapat menerapkan kemampuan representasi, estimasi, dan komputasi mental, (3) siswa terbiasa mengerjakan soal dengan menggunakan algoritma standar. Sedangkan Siswa berkemampuan matematika rendah: (1) Tidak dapat menerapkan pemahaman bilangan dan operasinya, (2) Tidak dapat menerapkan kemampuan representasi, estimasi, dan komputasi mental, (3) Kurangnya pengetahuan konsep dasar pecahan. |