JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH PERSEGI PANJANG BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 PALU |
Nama: RIA WIDIANA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah persegi panjang berdasarkan kemampuan matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Palu yang terdiri dari 3 orang yaitu siswa yang berkemampuan matematika tinggi, berkemampuan matematika sedang dan berkemampuan matematika rendah yang dipilih berdasarkan pengolahan nilai raport matematika pada semester ganjil 2021/2022. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tugas dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang berkemampuan matematika tinggi dapat melakukan pemecahan masalah dengan baik berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya mulai dari tahap memahami masalah sampai tahap memeriksa kembali. Siswa yang berkemampuan matematika sedang melakukan pemecahan masalah dengan baik pada tahap memahami masalah, menyusun rencana, tetapi pada tahap melaksanakan rencana siswa keliru dalam mengambil x yang akan digunakan untuk menentukan hal yang diketahui hal ini mengakibatkan siswa salah dalam menjawab masalah yang diberikan, memeriksa kembali jawaban siswa hanya melakukan pengecekan kembali dengan melihat hasil jawaban. Siswa yang berkemampuan matematika rendah belum melakukan pemecahan masalah dengan baik yaitu hanya dapat menuliskan kembali informasi-informasi yang ada tanpa memahami informasi yang ada, tidak mampu menyusun rencana karena merasa kebingungan dalam memikirkan rencana yang harus digunakan untuk menyelesaikan masalah, tidak dapat melaksanakan rencana pemecahan masalah dan tidak memeriksa kembali jawaban yang diperoleh hal ini dikarenakan siswa tidak dapat menyelesaikan masalah yang diberikan. Kata kunci: Profil pemecahan masalah, Persegi panjang, Kemampuan matematis |