Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Pemecahan Masalah Persamaan Nilai Mutlak Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pamona Selatan Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau Dari Gaya Kognitif
Nama: PUTU SANTIKA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Putu Santika, 2021. “Analisis Pemecahan Masalah Persamaan Nilai Mutlak Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pamona Selatan Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif”. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Pathuddin, S.Pd., M.Si. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk memperoleh deskripsi pemecahan masalah siswa kelas X MIPA 1 yang memiliki gaya kognitif FI dalam menyelesaikan persamaan nilai mutlak di SMA Negeri 1 Pamona Selatan; (2) untuk memperoleh deskripsi pemecahan masalah siswa kelas X MIPA 1 yang memiliki gaya kognitif FD dalam menyelesaikan persamaan nilai mutlak di SMA Negeri 1 Pamona Selatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa yang diambil dari 20 siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Pamona Selatan yang mengikuti tes GEFT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemecahan masalah siswa dengan gaya kognitif field independent berdasarkan langkah Polya yaitu; (1) dalam memahami masalah subjek field independent dapat menuliskan dengan lengkap apa yang diketahui dan yang ditanyakan pada soal dengan benar, (2) pada tahap membuat perencanaan subjek field independent dapat menghubungkan hal-hal yang diketahui dan yang ditanyakan pada soal, sehingga dalam membuat perencanaan pemecahan masalah subjek field independent menyusun rencana dengan benar, (3) pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah subjek field independent dapat melakukan perhitungan dengan baik dan benar, (4) pada tahap memeriksa kembali jawaban subjek field independent mampu melakukan perhitungan kembali atas jawaban yang diperolehnya dan mampu memberikan kesimpulan atas jawaban yang diperolehnya. Hasil pemecahan masalah siswa dengan gaya kognitif field dependent yaitu: (1) dalam memahami masalah subjek field dependent dapat menuliskan dengan lengkap apa yang diketahui dan yang ditanyakan pada soal dengan benar, (2) pada tahap membuat perencanaan subjek field dependent mampu merencanakan pemecahan masalah tetapi kurang tepat, (3) pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah subjek field dependent tidak bisa melakukan perhitungan dengan benar, (4) pada tahap memeriksa kembali jawaban, subjek field dependent tidak memeriksa kembali jawaban yang diperoleh serta tidak memberikan kesimpulan atas jawaban yang telah diperolehnya. Kata kunci: Pemecahan masalah, langkah polya, persamaan nilai mutlak, gaya kognitif

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up