JudulPROFIL NUMBER SENSE SISWA KELAS VII SMPN MODEL TERPADU MADANI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BILANGAN |
Nama: PUTU INDRAYANA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Putu Indrayana, 2021. Profil Number Sense Siswa Kelas VII SMPN Model Terpadu Madani dalam Menyelesaikan Masalah Bilangan. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing H. Sudarman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan number sense siswa SMPN Model Terpadu Madani dalam menyelesaikan masalah bilangan. Data dikumpulkan dengan cara metode tes dan wawancara. Subjek penelitian ini terdiri atas 1 siswa berkemampuan matematika rendah, 1 siswa berkemampuan matematika sedang dan 1 siswa berkemampuan matematika tinggi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Profil number sense siswa berkemampuan matematika tinggi yaitu : (a) Merepresentasikan bilangan pecahan dengan gambar, (b) Menggunakan representasi gambar, (c) Menggunakan perkiraan dan sifat bilangan pecahan dalam membuat perbandingan, (d) menggunakan sifat asosiatif dan (e) Memahami hubungan antara konteks masalah dengan operasi yang diperlukan. (2) Profil number sense siswa berkemampuan matematika sedang yaitu: (a) Memahami konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan dan (b) Menggunakan sifat bilangan pecahan dalam membuat perbandingan. (3) Profil number sense siswa berkemampuan matematika rendah yaitu: (a) mampu mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal atau sebaliknya dan (b) memahami konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal. Kata kunci: Profil siswa, number sense, penyelesaian masalah |