JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH HUBUNGAN ANTAR SUDUT BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 PALU |
Nama: NI'MA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Ni’ma, 2020. “Profil Pemecahan Masalah Hubungan Antar Sudut Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Palu”. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing. Muh. Hasbi. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendiskripsikan profil pemecahan masalah hubungan antar sudut berdasarkan langkah-langkah polya pada siswa yang berkemampuan tinggi di kelas VIII SMP Negeri 15 Palu, (2) mendiskripsikan profil pemecahan masalah hubungan antar sudut berdasarkan langkah-langkah polya pada siswa yang berkemampuan sedang di kelas VIII SMP Negeri 15 Palu, (3) mendiskripsikan profil pemecahan masalah hubungan antar sudut berdasarkan langkah-langkah polya pada siswa yang berkemampuan rendah di kelas VIII SMP Negeri 15 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa yang diambil dari 32 siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Palu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) profil siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam memahami masalah mengidentifikasi hal-hal yang diketahui dan ditanyakan pada masalah. (2) Profil siswa yang berkemampuan matematika tinggi dan sedang dalam menyusun rencana pemecahan masalah yaitu menentukan besar sudut yang ada pada soal sedangkan siswa yang berkemampuan matematika rendah hanya melihat gambar dan nilai sudut yang ada pada soal. (3) Profil siswa yang berkemampuan matematika tinggi dan sedang dalam melaksankan rencana pemecahan masalah sudut berpenyiku dan sudut berpelurus yaitu menjumlahkan besar sudut yang ada pada soal dengan menerapkan konsep sudut berpenyiku dan sudut berpelurus. Sedangkan dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah sudut saling bertolak belakang siswa menyamakan besar sudut yang ada pada soal. Setelah itu, siswa menyelesaikan masalah dengan operasi hitung aljabar dan bilangan bulat sehingga diperoleh hasil akhir yang benar tetapi siswa yang berkemampuan matematika sedang melakukan kesalahan dalam melakukan operasi hitung bilangan bulat sehingga hasil akhir yang diperoleh salah. Kemudian profil siswa yang berkemampuan matematika rendah dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah sudut berpenyiku, berpelurus dan bertolak belakang yaitu menyamakan besar sudut yang ada pada soal. Setelah itu, siswa menyelesaikan masalah dengan operasi hitung aljabar sehingga diperoleh nilai x. (4) Profil siswa yang berkemampuan matematika tinggi dan sedang dalam memeriksa kembali jawaban yaitu menarik kesimpulan berdasarkan besar sudut yang diperoleh. Namun siswa yang berkemampuan matematika sedang salah dalam memberikan kesimpulan. Sedangkan siswa yang berkemampuan matematika rendah tidak dapat menentukan solusi untuk menjawab pertanyaan pada soal. Kata kunci: Profil, pemecahan masalah, langkah polya, hubungan antar sudut. |