Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Persamaan Garis Lurus Pada Kelas VIII MTs DDI Singga
Nama: MOH. TAUFIK
Tahun: 2023
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripkan kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaiakan soal persamaan garis lurus.jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah 3 siswa yang diambil dari 23 siswa kelas VIII MTs DDI Singga. Hasil penelitian ini menurut kesalahan Kostolan menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh siswa dilihat dari objek matematikanya yaitu kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural. (1) Kesalahan konseptual untuk siswa yang berkemampuan tinggi yaitu: tidak menuliskan rumus, untuk siswa yang berkemampuan sedang yaitu: tidak menuliskan rumus, dan salah dalam menetukan rumus, dan siswa yang berkemampuan rendah yaitu: salah dalam menetukan rumus, dan tidak menuliskan rumus. (2) dan untuk kesalahan prosedural siswa yang berkemampuan tinggi yaitu: ketidak mampuan dalam memanipulasi langkah-langkah dalam menjawab suatu masalah, dan kesalahan operasi perhitungan, untuk siswa yang berkemampuan sedang yaitu: ketidak mampuan dalam memapulasi langkah-langkah dalam menjawab suatu masalah, dan kesalahan operasi perhitungan, dan untuk siswa yang berkemampuan rendah yaitu: ketidak mampuan dalam memapulasi langkah-langkah dalam menjawab suatu masalah, dan kesalahan operasi perhitungan. Kata kunci: analisis, kesalahan, persamaan, garis, lurus.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up