JudulProfil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Aritmetika Sosial Di Kelas VII SMP Negeri 2 Palu |
Nama: MISPA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Mispa. 2021. Profil kemampuan penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah pada Materi Aritmetika Sosial di Kelas VII SMP Negeri 2 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Ibnu Hadjar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 2 Palu pada materi aritmetika sosial, ditinjau dari tingkat kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Palu pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Tiga orang siswa yang dipilih sebagai subjek penelitian terdiri dari seorang siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Data dikumpulkan dengan cara metode tes dan wawancara. Hasil penelitian ini antara lain, siswa berkemampuan matematika tinggi: (1) mencapai indikator kemampuan penalaran yaitu menyajikan pernyataan matematika secara lisan dan tertulis, (2) Mencapai indikator penalaran yaitu mengajukan dugaan, (3) Mencapai dua indikator penalaran yaitu melakukan manipulasi matematika dan memberikan alas an terhadap kebenaran solusi, (4) Mencapai satu indikator penalaran yaitu menarik kesimpulan. Siswa berkemampuan matematika sedang: (1) Mencapai indikator penalaran yaitu menyajikan pernyataan matematika secara lisan dan tertulis, (2) Mencapai indikator penalaran yaitu mengajukan dugaan, (3) Siswa berkemampuan matematika sedang belum mencapai dua indikator penalaran yaitu melakukan manipulasi matematika dan memberikan alasan terhadap kebenaran solusi, (4) Siswa berkemampuan matematika sedang belum mencapai dua indikator penalaran yaitu memeRK kesahihan suatu argumen dan menarik kesimpulan. Sedangkan Siswa berkemampuan matematika rendah: (1) Mencapai indikator penalaran menyajikan pernyataan matematika secara lisan dan tertulis, (2) Belum mencapai indikator penalaran yaitu mengajukan dugaan, (3) Belum mencapai dua indikator penalaran yaitu melakukan manipulasi matematika dan memberikan alasan terhadap kebenaran solusi, (4) Belum mencapai dua indikator penalaran yaitu memeriksa kesahihan suatu argumen dan menarik kesimpulan. Kata kunci : Profil, Penalaran Matematis, Aritmetika Sosial |