Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs POLITANI MACCIRINNAE TIKKE PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR
Nama: MIRNAWATI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Mirnawati. 2021. “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Politani Maccirinnae Tikke pada materi operasi bentuk aljabar. Hasil Penelitian Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. H. Mustamin Idris, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang penerapan model pembelajaran koopertaif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Politani Maccirinnae Tikke pada materi operasi bentuk aljabar. Rancangan penelitian mengacu pada desain Arikunto, yang terdiri dari 4 komponen yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi, hasil wawancara, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang berjumlah 30 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi bentuk aljabar di kelas VII MTs Politani Maccirinnae Tikke dengan mengikuti fase-fase pembelajaran kooperatif, yaitu: 1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, 2) menyajikan informasi, 3) mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, 4) membimbing kelompok bekerja dan belajar, 5) evaluasi, dan 6) memberikan penghargaan. Dikombinasikan dengan 8 komponen mekanisme pembelajaran kooperatif tipe TAI yaitu: 1) placement test, 2) teams, 3) teaching group, 4) student creative, 5) team study, 6) whole class unit, 7) fact test, dan 8) team score and team recognition. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori baik dengan total skor 37 dan hasil observasi aktivitas siswa berada pada kategori baik dengan total skor dan 36. Mengalami peningkatan pada siklus II berada pada kategori sangat baik, hasil observasi aktivitas guru dengan total skor 45 dan hasil observasi aktivitas siswa dengan total skor 45. Hasil belajar siswa pada materi operasi bentuk aljabar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI mengalami peningkatan setiap siklusnya dengan presentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I sebesar 57,14% meningkat menjadi 80,76% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Politani Maccirinnae Tikke pada materi operasi bentuk aljabar. Kata Kunci: Hasil Belajar, Tipe TAI, Operasi bentuk aljabar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up