Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTs Al-Khairaat Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear Satu Variabel Ditinjau Dari Kemampuan Matematika
Nama: IRAHMADAYANI
Tahun: 2023
Abstrak
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh untuk mendapatkan deskripsi profil penalaran siswa kelas VIII MTs Alkhairaat Tuwa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabel ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif menggunakan penekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-khairaat Tuwa yaitu siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Data dikumpulkan dengan metode tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek berkemampuan matematika tinggi yaitu dapat menyatakan secara lisan maupun tertulis informasi yang terdapat dalam tes yang diberikan, siswa dapat mengajukan dugaan dalam merencanakan penyelesaian masalah, siswa mampu melakukan manipulasi matematika dan menyusun bukti, subjek menarik kesimpulan berdasarkan hal yang telah dibuktikan sebelumnya, dan siswa memeriksa kembali penyelesaian. siswa berkemampuan matematika sedang dapat menyatakan secara lisan maupun tertulis informasi yang terdapat dalam tes yang diberikan, siswa dapat mengajukan dugaan dalam merencanakan penyelesaian masalah, siswa mampu melakukan manipulasi matematika dan memberikan alasan terhadap kebenaran. melaksanakan rencana dengan menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah sesuai dengan rencana. Namun melakukan kesalahan dalam melakukan operasi hitung mengenai apa yang diketahui dari soal, kesalahan dalam melakukan operasi hitung membuat siswa kurang memberikan solusi permasalahan yang benar dan akurat, sehingga siswa kurang tepat membuktikan kebenaran terhadap solusi yang diberikan. Siswa berkemampuan matematika rendah mampu menjelaskan apa yang diketahui dan ditanyakan, dan memahami masalah berdasarkan informasi. Tetapi siswa berkemampuan matematika rendah tidak melaksanakan rencana dan tidak menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah dikarenkan siswa tidak dapat mengaitkan informasi mengenai apa yang diketahui dari soal, sehingga tidak menuliskan dan menjelaskan langkah-langkah perhitungan dengan benar. Dengan demikian, siswa tidak menarik kesimpulan yang akurat mengenai kebenaran solusi. Kata Kunci : profil, penalaran, siswa dalam menyelesaikan soal, sistem persamaan linear satu variabel, kemampuan matematika

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up