JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME DARI KUBUS SERTA BALOK PADA SISWA KELAS VIII MTs DDI SINGGA |
Nama: FATHUR RAHMAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing pada materi luas permukaan dan volume dari kubus serta balok yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs DDI Singga. Rancangan penelitian mengacu pada desain Arikunto, yang terdiri dari 4 komponen yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi, hasil belajar, hasil wawancara, catatan lapangan serta data hasil tes awal dan data hasil tes akhir tindakan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus di kelas VIII MTs DDI Singga yang berjumlah 14 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing, hasil belajar siswa kelas VIII MTs DDI Singga pada materi luas permukaan dan volume dari kubus serta balok meningkat sesuai dengan kriteria keberhasilan tindakan, dengan enam fase sebagai berikut: 1) perumusan masalah, guru memberikan informasi pokok-pokok materi dan memberikan LKPD kepada siswa, 2) pemprosesan data, siswa mengamati, menalar dan menganalisis data berupa masalah yang disajikan dalam LKPD, 3) penyusunan dugaan sementara, siswa menyusun dugaan sementara dari LKPD yang dikerjakan, 4) pemeriksaan dugaan sementara, guru memeriksa hasil dugaan sementara siswa dan memberikan bimbingan seperlunya kepada siswa yang mengalami kesulitan pada saat mengerjakan LKPD, 5) verbalisasi dugaan sementara, siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas dan 6) umpan balik. Guru memberikan soal latihan tambahan kepada siswa. Kata kunci: Hasil Belajar, Penemuan Terbimbing, Luas permukaan dan Volume |