JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH PROGRAM LINEAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 PALU BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA |
Nama: ELSA FIOLIN TUNGGAI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Elsa Fiolin Tunggai. 2021. Profil Pemecahan masalah program linear siswa kelas Xl SMK Negeri 3 Palu Berdasarkan kemampuan matematika. Skripsi, Program Studi pendidikan matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Baharuddin P. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah program linear siswa berdasarkan kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Xl SMK Negeri 3 Palu yang terdiri dari 3 orang yaitu siswa yang berkemampuan matematika tinggi, berkemampuan matematika sedang dan berkemampuan matematika rendah yang dipilih berdasarkan pengolahan nilai raport matematika pada semester ganjil 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan (1) Profil pemecahan masalah siswa berkemampuan matematika tinggi dalam a) memahami masalah, subjek dapat mengidentifikasi hal-hal yang diketahui berdasarkan kalimat pernyataan dan hal yang ditanyakan berdasarkan kalimat pertanyaan dengan tepat, b) membuat rencana pemecahan masalah, subjek menjelaskan rencana pemecahan masalah dengan tepat dan berusaha mengingat kembali hal-hal yang telah dipelajari sebelumnya, c) melaksanakan rencana pemecahan masalah, siswa menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana yang telah dibuat sebelumnya, d) memeriksa kembali jawaban, subjek kembali dilakukan dengan cara melihat kembali hasil pekerjaannya untuk memastikan tidak ada yang salah. Setelah memeriksa kembali jawaban, siswa merasa yakin bahwa cara yang digunakan sudah tepat dan jawaban yang diperole sudah benar. (2) Profil pemecahan masalah siswa berkemampuan matematika sedang dalam a) memahami masalah, subjek memahami informasi-informasi yang tersedia seperti apa saja yang diketahui dan apa saja yang ditanyakan dari masalah, b) membuat rencana pemecahan masalah, subjek menjelaskan rencana pemecahan masalah dengan tepat dan berusaha mengingat kembali hal-hal yang telah dipelajari sebelumnya, c) melaksanakan rencana pemecahan masalah, subjek keliru dalam pengambilan titik yang menjadi daerah penyelesaian hal ini mengakibatkan subjek salah dalam menjawab masalah yang diberikan, d) memeriksa kembali jawaban, subjek hanya melakukan pengecekan kembali dengan melihat hasil jawaban namun tidak teliti sehingga mengalami kekeliruan dalam memperoleh jawaban. (3) Profil pemecahan masalah siswa yang berkemampuan matematika rendah Siswa yang berkemampuan matematika rendah belum melakukan pemecahan masalah dengan baik yaitu tidak menuliskan semua hal yang diketahui pada tahap memahami masalah, tidak mampu menyusun rencana dengan tepat, salah dalam membuat model matematika pada saat melaksanakan rencana dan tidak memeriksa kembali jawaban yang diperoleh hal ini dikarenakan siswa tidak dapat menyelesaikan masalah yang diberikan. Kata kunci: Profil pemecahan masalah, Program linear, kemampuan matematika |