JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH PROGRAM LINEAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 PALU DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF |
Nama: ELLA PRIANI TENIS |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah program linear siswa ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil Matching Familiar Figure Test (MFFT) yaitu satu siswa bergaya kognitif reflektif dan satu siswa bergaya kognitif impulsif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) subjek dengan gaya kognitif reflektif dan impulsif memahami masalah dengan mengidentifikasi hal-hal yang terdapat dalam masalah seperti hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan. 2) subjek dengan gaya kognitif reflektif menjelaskan rencana pemecahan masalah dengan mengungkapkan langkah apa yang akan diambil dan berusaha mengingat kembali hal-hal yang telah dipelajari sebelumnya, subjek dengan gaya kognitif impulsif berusaha mengingat kembali hal-hal yang telah dipelajari sebelumnya dan mengungkapkannya untuk memecahkan masalah tetapi belum bisa mendeskripsikan secara lengkap langkah-langkah yang ingin ditempuh untuk memecahkan masalah. 3) subjek dengan gaya kognitif reflektif memecahkan masalah sesuai dengan rencana yang telah dibuat sebelumnya dan lebih teliti dalam menjawab masalah, subjek dengan gaya kognitif impulsif kurang cermat dan tergesa-gesa dalam mengaitkan informasi dan konsep yang digunakan. 4) subjek dengan gaya kognitif reflektif memeriksa kembali jawaban yang diberikan dengan melihat kembali hasil pekerjaannya dan merasa yakin dengan cara yang digunakan, subjek dengan gaya kognitif impulsif memeriksa kembali dengan mengecek kembali hasil jawaban dan sudah merasa yakin dengan jawaban yang diberikan. |