JudulPROFILE OF STUDENT’S UNDERSTANDING OF THE CONCEPT OF ALGEBRA FUNCTION DERIVATIVES IN CLASS XI IPA SMA NEGERI 4 PALU BASED ON MATHEMATICS ABILITY LEVEL |
Nama: EKA WAHYUNI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Eka, 2021. “Profil Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Turunan Fungsi Aljabar di Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Palu Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika”. Program Studi Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Dra. Anggraini, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh profil pemahaman siswa terhadap konsep turunan fungsi aljabar di kelas XI IPA SMA Negeri 4 Palu berdasarkan tingkat kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini berdasarkan indikator pemahaman konsep menunjukkan bahwa (1) Profil pemahaman siswa yang berkemampuan matematika tinggi pada nomor 1 indikator a) Menyajikan konsep yaitu dengan mengoperasikan kedua suku menggunakan aturan tertentu, b) Menyatakan ulang sebuah konsep turunan fungsi yakni dengan menggunakan konsep turunan fungsi ?????????????????1 secara berulang pada masing-masing suku dengan tepat dan sesuai prosedur, dan c) Memilih, memanfaatkan dan menggunakan prosedur aturan penjumlahan/pengurangan dalam menentukan turunan fungsi aljabar. Kemudian pada nomor 2 indikator a) Menyajikan konsep dengan memisalkan ???? dan ????, b) Menyatakan ulang sebuah konsep dengan menggunakan konsep turunan ?????????????????1 untuk mencari turunan ???? ???????????? ????, dan c) Memilih, memanfaatkan dan menggunakan prosedur tertentu dengan mensubtitusikan nilai dari ????,?????,????,???????????? ????? pada rumus ?????(????)= ?????.???? ? ???? .?????????2. (2) Profil pemahaman siswa yang berkemampuan matematika sedang pada nomor 1 dan 2 sama yaitu memenuhi dua indikator saja yakni pada indikator a) Menyajikan konsep dengan memisalkan terlebh dahulu ???? ???????????? ????, b) Menyatakan ulang sebuah konsep dengan mencari turunan dari ???? ???????????? ???? menggunakan konsep turunan ?????????????????1 . (3) Profil pemahaman siswa yang berkemampuan matematika rendah pada nomor 1 dan 2 sama yaitu hanya memenuhi satu indikator yakni, menyajikan konsep dengan cara menyelesaikan soal dengan menurunkan satu-satu fungsinya tanpa menggunakan rumus Kata Kunci: Profil; Pemahaman konsep; Turunan fungsi aljabar |