JudulProfil Pemecahan Masalah Matematika Bangun Datar Segitiga Ditinjau Dari Perbedaan Kemampuan Matematika Kelas VII SMP Negeri 1 Dampal Utara |
Nama: DIAN NOFRIANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi profil pemecahan masalah matematika bangun datar segitiga ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika kelas VII SMP Negeri 1 Dampal Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendidikan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 3orang siswa yaitu siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah yang didasarkan pada langkah pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa : (1) Siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi menggunakan semua tahapan Polya dalam menyelesaiakn permasalahan Bangun Datar Segitiga. (2) Siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang belum mampu menggunakan semua tahapan Polya dalam menyelesaikan masalah Bangun Datar Segitiga, tahapan yang dimaksud yaitu terdapat pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian dan pada tahap memeriksa kembali. Akan tetapi subjek memberikan pendapatnya dengan menjelaskan menggunakan bahasanya sendiri mengapa tidak melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali hasil penyelesaian dari masalah yang diberikan. (3) Siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah belum mampu melalui semua tahapan Polya dalam menyelesaikan masalah, subjek hanya mampu melalui tahap memahami masalah akan tetapi subjek perlu membaca dan memperhatikan secara berulang-ulang informasi yang ada pada msalah. Kata Kunci : Profil Pemecahan Masalah, Masalah Bangun Datar Segitiga, Tahapan Polya Kemampuan Matematika |