JudulKEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH GARIS DAN SUDUT DI KELAS VII SMP NEGERI 9 PALU |
Nama: CUMARLIN |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Garis dan Sudut di Kelas VII SMP Negeri 9 Palu” Skripsi ini ditulis oleh Cumarlin, NIM. A23116119, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Ibnu Hadjar, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi representasi matematis siswa berkemampuan rendah, sedang, dan tinggi dalam menyelesaikan masalah garis dan sudut di kelas VII J SMP Negeri 9 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian berjumlah 3 subjek berdasarkan tingkat kemampuan rendah, sedang, dan tinggi diperoleh dari nilai rapor siswa semester genap kelas VII J tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini mengelompokkan kemampuan rendah, sedang, dan tinggi menggunakan langkah-langkah yang dikemukakan oleh Arikunto (2018). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan rendah memiliki kemampuan representasi matematis yang baik dalam menyelesaikan masalah garis dan sudut pada soal nomor 1. Hal ini berarti subjek tersebut sudah memenuhi semua indikator kemampuan representasi matematis yang meliputi representasi gambar, representasi verbal dan representasi simbolik tetapi dalam menyelesaikan masalah nomor 2 masih kurang baik. Sedangkan subjek dengan kemampuan sedang dan subjek dengan kemampuan tinggi memiliki kemampuan representasi matematis yang serupa yakni cukup baik dan baik dalam menyelesaikan masalah garis dan sudut soal nomor 1 dan 2. Hal ini berarti bahwa Subjek berkemampuan sedang dan tinggi sudah memenuhi semua indikator kemampuan representasi matematis. Kata Kunci : Kemampuan Representasi, Pemecahan Masalah, Garis dan Sudut. ABSTRACT The title of this skripsi is “Ability of Students’ Mathematical Representation in Solving Line and Angles Problems to the Seventh Grade Students of SMP Negeri 9 Palu”. This skripsi was written by Cumarlin, student identity number A23116119, Mathematics Education Study Program, Department of Mathematics and Natural Science, Teacher Training and Education Faculty, Tadulako University. This skripsi was supervised by Drs. Ibnu Hadjar, M.Si. Purpose of this research is obtaining description about law, middle, and high ability of students’ mathematical representation in solving line and angles problems to the seventh grade students of SMP Negeri 9 Palu. This research is a quantitative research. That applied study of case design. There were 3 subjects based on low, middle, and high ability level that got from the student’s report marks at even semester to the seventh J grade students, academic year on 2021/2022. This research is grouping the low, the middle, and the high ability. Has some steps by saying Arikunto (2018). The techniques of data analysis were using data reduction, data representation, and conclusion. Results of the research showed the subjects with the low ability had a good ability of mathematical representation to solve line and angles problems as number 1 in a question. It meant that subjects had completed all indicators of mathematical representation ability. These indicators were picture representation, verbal representation, and symbolic representation. But the subjects had enough ability to solve the line and anoles problems at number 2 in the question. While subjects with middle and hiqh ability had similar ability of mathematical representation. There were enough and good, to solve line and anoles problems at number 1 and 2 in the questions. It meant that the subjects with middle and high ability had completed all indicators of mathematical representation. Key words : Representation Ability, Problem Solving, Line and Angles. |