JudulEksplorasi Strategi Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII A SMP Kristen Bala Keselamatan Palu |
Nama: ANGELINA NOVITA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Angelina Novita. 2020. Eksplorasi Strategi Pemecahan Masalah Matematika Siswa kelas VIII A SMP Kristen Bala Keselamatan Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pendidikan Alam, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Muh.Rizal Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis strategi pemecahan masalah dan deskripsi dasar pemikiran siswa dalam menggunakan strategi pemecahan masalah tersebut. Jenis penelitian merupakan studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Kristen Bala Keselamatan Palu yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah tugas matematika dan wawancara. Kredibilitas data menggunakan triangulasi waktu dan member-check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi pemecahan masalah yang digunakan siswa dalam mengerjakan tugas matematika nomor 1 yaitu strategi mengidentifikasi informasi yang diinginkan, diberikan dan diperlukan sebanyak 6 siswa, strategi menuliskan kalimat terbuka sebanyak 3 siswa, strategi menebak dan menguji sebanyak 8 siswa dan strategi coba-coba sebanyak 4 siswa, sedangkan strategi yang digunakan siswa dalam mengerjakan tugas matematika nomor 2 yaitu Strategi mengidentifikasi informasi yang diinginkan, diberikan dan diperlukan sebanyak 7 siswa, strategi membuat tabel sebanyak 6 siswa, strategi berpikir logis sebanyak 3 siswa dan strategi menebak dan menguji sebanyak 3 siswa. 2) Deskripsi dasar pemikiran subjek dalam menggunakan strategi pemecahan masalah adalah (a) Subjek AM pada soal nomor 1, 2 dan subjek AS pada soal nomor 2 menggunakan strategi mengindentifikasi informasi yang diinginkan, diberikan dan diperlukan, dikarenakan selalu diajarkan oleh gurunya untuk menuliskan yang diketahui dan ditanyakan dari soal. (b) Subjek AM menggunakan strategi menuliskan kalimat terbuka untuk menyelesaikan soal nomor 1 karena sudah diajarkan gurunya. (c) Subjek CO pada soal nomor 1 menggunakan strategi coba-coba karena subjek hanya bisa pakai cara ini untuk menyelesaikan soal tersebut, sedangkan dasar pemikiran subjek AS pada soal nomor 1 karena strategi tersebut lebih mudah dan dipahaminya. (d) Subjek menggunakan strategi menebak dan menguji yaitu: subjek B pada soal nomor 1 karena pernah diajarkan gurunya, subjek AM menggunakan strategi tersebut dalam menyelesaikan soal karena menurut subjek soal nomor 2 tersebut mudah ditebak jawabannya, subjek AI menggunakan strategi tersebut dalam menjawab soal nomor 1 karena subjek sudah terbiasa menggunakan cara itu. (e) Subjek AI menggunakan strategi berpikir logis untuk menyelesaikan soal nomor 2 karena ini cara yang mudah dan dipahaminya. (f) Subjek AS menggunakan strategi membuat tabel pada soal nomor 2 karena cara ini yang dianggap paling mudah. Kata kunci : masalah matematika, strategi pemecahan masalah |