Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IX SMP NEGERI MODEL TERPADU MADANI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF
Nama: AIDUL NAIM
Tahun: 2022
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil siswa kelas IX SMP Negeri Model Terpadu Madani yang bergaya kognitif FI dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya dan profil siswa kelas IX SMP Negeri Model Terpadu Madani yang bergaya kognitif FD dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya. Subjek dalam penelitian ini adalah dua siswa yaitu satu siswa bergaya kognitif FI dan satu siswa bergaya kognitif FD yang diambil dari 23 siswa kelas IX SMP Negeri Model Terpadu Madani yang mengikuti tes GEFT. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, tugas dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang bergaya kognitif FI dapat melakukan pemecahan masalah dengan baik berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya mulai dari tahap memahami masalah hingga tahap memeriksa kembali jawaban, pada tahap melaksanakan rencana pemecahann masalah siswa nampak cermat dan teliti sehingga memperoleh hasil pemecahan masalah yang tepat. Siswa yang bergaya kognitif FD tidak dapat melakukan pemecahan masalah dengan baik karena siswa hanya melakukan langkah pemecahan masalah Polya mulai dari tahap memahami masalah hingga tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, tidak melakukan tahap memeriksa kembali jawaban pemecahan masalah, pada tahap melaksanakan rencana pemecahann masalah siswa nampak kurang cermat dan kurang teliti dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah sehingga memperoleh hasil pemecahan masalah yang keliru. Kata Kunci: profil, pemecahan masalah, bangun ruang sisi datar, gaya kognitif.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up