Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Pemecahan Masalah Materi Program Linear Ditinjau Berdasarkan Adversity Quotient (AQ) Pada Siswa Kelas XI IPA II SMA NEGERI 7 Palu
Nama: A. A. AYU PUSPADEWI
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan profil siswa jenis quitter dalam memecahkan masalah sub pokok bahasan program linear dengan tahapan polya. (2) Mendeskripsikan profil siswa jenis camper dalam memecahkan masalah sub pokok bahasan program linear dengan tahapan polya. (3) Mendeskripsikan profil siswa jenis climber dalam memecahkan masalah sub pokok bahasan program linear dengan tahapan polya.jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa yang diambil dari dua puluh siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 7 Palu menggunakan angket adversity response profile dari adversity quetient (AQ). Menggunakan langkah Polya pada siswa Climber yaitu; (1) Memahami masalah: dapat memahami masalah dengan tenang dan berkonsentrasi lebih terhadap masalah yang diberikan (2) Menyusun rencana: dapat menjelaskan rencana pemecahan masalah dengan baik (3) Melaksanakan Masalah: konsisten melaksanakan sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya (4) Memeriksa kembali: lancar dan tenang menyebutkan langkah dalam memeriksa kembali penyelesaian masalah. Menggunakan langkah Polya pada siswa Camper yaitu; (1) Memahami masalah: masih ragu-ragu dalam menyelesaikan masalah. (2) Menyusun rencana: dapat menjelaskan rencana pemecahan masalah dengan cukup baik. (3) Melaksanakan rencana: konsisten melaksanakan sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya namun sering merasa ragu akan hasil diperolehnya. (4) Memeriksa kembali: ragu-ragu dalam hasil jawaban yang telah diperoleh. Menggunakan langkah Polya pada siswa Quitter yaitu; (1) Memahami masalah: dapat mengidentifikasi informasi dari masalah. (2) Menyusun rencana: mampu dalam membuat perencanaan penyelesaian masalah.(3) sering bertanya kepada peneliti dan kesulitan untuk menemukan hasil pemecahan masalah. (4) Memeriksa kembali: tidak dapat memeriksa kembali jawaban. Kata Kunci:profil, pemecahan masalah matematika, program linear, tahapan polya, adversity quetient (AQ).

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up