Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN METODE LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI INVERS DI KELAS X MIA I SMAN 9 PALU
Nama: YUSRIANI
Tahun: 2021
Abstrak
Yusriani, 2020. “Penerapan Metode Latihan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Invers Di Kelas X MIA I SMAN 9 PALU”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Drs. Baharuddin, M.Si. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode latihan dalam model pembelajaran kooperatif. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA I SMA Negeri 9 Palu pada tahun ajaran 2019/2020. Jumlah subjek penelitian ini adalah 27 siswa dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Pada penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh bahwa hasil belajar siswa kelas X MIA I SMA Negeri 9 Palu pada materi fungsi invers mengalami peningkatan, yaitu hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada kategori sangat baik dengan nilai rentang 73 dan 67 sedangkan pada siklus II hasil observasi guru dan siswa berada pada kategori sangat baik dengan nilai rentang 77 dan 78. Pada siklus I presentase ketuntasan klasikal adalah 66,67% sedangkan siklus II presentase ketuntasan klasikal adalah 85,15%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode latihan dalam model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA I SMA Negeri 9 Palu pada materi fungsi invers. Langkah-langkah penerapan metode latihan pada model kooperatif terletak disemua fase yaitu pada langkah 1 (mempersiapkan pembelajaran) sesuai dengan fase 1 (menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa), Langkah 2 (penyajian pelaksanaan) sesuai dengan fase 2 (menyajikan informasi) dan fase 3 ini terletak pada satu langkah yang sama yaitu pada langkah 2 (penyajian pelaksanaan), Langkah 3 (uji coba perilaku) sesuai dengan fase 4 (membimbing kelompok belajar dan bekerja), Langkah 4 (tindak lanjut) sesuai dengan fase 5 (evaluasi) serta fase 6 memberikan penghargaan. Kata kunci : Hasil Belajar, Metode Latihan, Pembelajaran Kooperatif

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up