JudulProfil Penyelesaian Soal Pembagian Pecahan Siswa Kelas VII SMP N 4 Dampelas |
Nama: HASNAWATI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Tujuan penelitian ini yaitu : untuk memperoleh deskripsi tentang profil penyelesaian soal pembagian pecahan siswa kelas siswa kelas VII SMPN 4 Dampelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa yang diambil dari 21 siswa kelas VII A SMP N 4 Dampelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyelesaian siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal pembagian pecahan: penyelesaian soal nomor 1 dan nomor 2 ST mengubah bilangan asli kedalam bentuk pecahan, mengalikan pecahan pertama dengan kebalikan pecahan kedua, mengalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut, menyederhanakan pecahan dengan FPB. Penyelesaian nomor 3 ST mengalikan pecahan pertama dengan kebalikan pecahan kedua, mengalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut. Penyelesaian soal nomor 4 ST mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa, mengalikan pecahan pertama dengan kebalikan pecahan kedua, mengalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut. Dan penyelesaian soal nomor 5 ST mengubah pecahan desimal ke pecahan biasa, mengalikan pecahan pertama dengan kebalikan pecahan kedua, mengalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut. menyederhanakan pecahan dengan FPB. Penyelesaian siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal pembagian pecahan: penyelesaian soal nomor 1 dan nomor 2 SS Mengubah bilangan asli kedalam bentuk pecahan, mengalikan pecahan pertama dengan kebalikan pecahan kedua, mengalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut, tidak menyederhanakan pecahan. Penyelesaian soal nomor 3 SS mengalikan pecahan pertama dengan kebalikan pecahan kedua, mengalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut. Penyelesaian soal nomor 4 SS mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa, mengalikan pecahan pertama dengan kebalikan pecahan kedua, mengalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut, keliru dalam menuliskan jawaban. Penyelesaian soal nomor 5 SS mengubah pecahan desimal ke pecahan biasa, mengalikan pecahan pertama dengan kebalikan pecahan kedua, mengalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut, tidak menyederhanakan pecahan. Penyelesaian siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal pembagian pecahan: penyelesaian soal nomor 1 dan nomor 2 SR Mengubah bilangan asli kedalam bentuk pecahan, mengalikan pecahan pertama dengan pecahan kedua mengalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut, SR keliru dalam mengerjakan soal. Penyelesaian soal nomor 3 SR mengalikan pecahan pertama dengan kebalikan pecahan kedua, mengalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut. Penyelesaian soal nomor 4 SR mengalikan pecahan campuran pertama dan pecahan campuran kedua. menuliskan jawaban secara asal, SR keliru dalam mengerjakan soal. Penyelesaian soal nomor 5 SR mengubah pecahan desimal ke pecahan biasa, mengalikan pecahan pertama dengan kebalikan pecahan kedua, mengalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut, SR keliru dalam menuliskan jawaban. |