Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Banggai Kabupaten Banggai Laut
Nama: ZULVITA LESTARI ABDULLAH
Tahun: 2021
Abstrak
Zulvita Lestari Abdullah, 2021. “Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Banggai Kabupaten Banggai Laut”. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nurhayadi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banggai, (2) mengetahui apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banggai, (3) mengetahui apakah ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banggai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan teknik analisis asosiatif dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA yang berjumlah 56 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh variabel tingkat pendidikan orang tua (X1) terhadap prestasi belajar (Y) mata pelajaran matematika siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Banggai, dibuktikan dengan hasil uji parsial t hitung = 6,029 > ttabel 1,674 dengan signifikan 0,000 < 0 xss=removed> ttabel 1,673 dengan signifikan 0,151 > 0,05 yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak, (3) Ada pengaruh secara simultan tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banggai, dibuktikan dengan hasil uji simultan F hitung = 18,996 dengan signifikan 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar adalah 39,68% lebih besar dari pada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar yaitu 2,06%. Pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar secara simultan terhadap prestasi belajar sebesar 41,8?n sisanya 58,2% dipengaruhi oleh sebab lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Kata kunci : Tingkat Pendidikan Orang Tua, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Matematika

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up