JudulPROFIL PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI FUNGSI INVERS DI SMA LABSCHOOL UNTAD PALU BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA |
Nama: RAHMI AGUS SETIAWATI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi pemahaman konsep siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendahpada materi fungsi invers di SMA Labschool Untad Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa yang diambil dari 27 siswa kelas X SMA Labschool Untad Palu yang terdiri dari satu orang siswa yang berkemampuan matematika tinggi, satu orang siswa yang berkemampuan matematika sedang, dan satu orang siswa berkemampuan matematika rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang mempunyai kemampuan matematika tinggi danĀ kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal materi fungsi invers memenuhi lima indikator pemahaman konsep yaitu mengklasifikasi fungsi invers, menerapkan konsep secara logis serta menjelaskan dengan menggunakan bahasa sendiri, memberi contoh dan bukan contoh dari fungsi invers, menyajikan suatu masalah fungsi invers dalam berbagai bentuk representasi matematis, mengaitkan berbagai konsep dalam matematika ataupun diluar matematika. Sedangkan subjek yang mempunyai kemampuan matematika rendah hanya memenuhi dua indikator pemahaman konsep yaitu menyajikan konsep dalam berbagai representasi dan mengaitkan berbagai konsep dalam matematika ataupun diluar matematika. |