JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH TURUNAN FUNGSI ALJABAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 WITA PONDA |
Nama: NI MADE LUH KERTI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Ni Made Luh Kerti. 2022. Profil Pemecahan Masalah Turunan Fungsi Aljabar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Wita Ponda. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Sudarman Bennu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah turunan fungsi aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif berdasarkan tahap-tahap pemecahan masalah dari Polya. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari satu siswa berkemampuan matematika tinggi, satu siswa berkemampuan matematika sedang, dan satu siswa berkemampuan matematika rendah. Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil ulangan harian matematika tahun ajaran 2021/2022 dan rekomendasi dari guru matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tahap memahami masalah subjek berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah yaitu mengidentifikasi informasi pada masalah yaitu hal yang diketahui dan ditanyakan melalui kalimat pernyataan dan kalimat perintah dengan tepat. 2) tahap membuat rencana pemecahan masalah subjek berkemampuan matematika tinggi menggunakan konsep turunan fungsi aljabar untuk menentukan kecepatan dan percepatan dengan tepat, kemudian mensubtitusi nilai t dengan tepat, subjek berkemampuan matematika sedang menggunakan konsep turunan fungsi aljabar untuk menentukan kecepatan dengan tepat dan percepatan dengan tidak tepat, kemudian mensubtitusi nilai t, sedangkan subjek berkemampuan matematika rendah menggunakan konsep turunan fungsi aljabar untuk menentukan kecepatan dan percepatan dengan tidak tepat. 3) tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah subjek berkemampuan matematika tinggi melaksanakan rencana pemecahan masalah sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya dengan tepat, subjek berkemampuan matematika sedang melaksanakan rencana pemecahan masalah sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya dengan tepat pada kecepatan namun tidak tepat pada percepatan, sedangkan subjek berkemampuan matematika rendah melaksanakan rencana pemecahan masalah tidak sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya hasil yang diperoleh tidak tepat. 4) tahap memeriksa kembali pemecahan masalah subjek berkemampuan matematika tinggi menuliskan cara pengecekkan jawaban yaitu menggunakan metode substitusi dan pemfaktoran dengan tepat, subjek berkemampuan matematika sedang memeriksa kembali jawaban pada kecepatan dengan melihat setiap langkah pemecahannya dan tidak memeriksa kembali jawaban percepatan dikarenakan tidak paham, sedangkan subjek berkemampuan matematika rendah tidak tahu cara memeriksa kembali jawabannya sehingga tidak melakukan pemeriksaan kembali. Kata kunci: Profil Pemecahan Masalah, Turunan Fungsi Aljabar, Tahapan Polya |