JudulAnalisis Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Palu Pada Materi Aritmetika Sosial Berdasarkan Kecerdasan Emosional |
Nama: YULFINA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palu pada materi aritmetika social berdasarkan kecerdasan emosional. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Palu pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022, yaitu 1 orang siswa dengan kecerdasan emosional tinggi dan 1 orang siswa kecerdasan emosional rendah. Data dikumpulkan dengan metode tes dan wawancara. Hasil penelitian ini antara lain, siswa dengan kecerdasan emosional tinggi mencapai indikator hasil belajar: (1) pada tahap mengingat, subjek mampu menyelesaikan soal yang diberikan dan mencari informasi yang diketahui berdasarkan kalimat yang ada angkanya pada soal. Subjek juga menuliskan dan menyebutkan informasi penting yang diketahui dalam soal secara lengkap. Subjek menerima secara langsung informasi dari soal dan menjelaskan cara yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan cara menggunakan dan menghubungkan informasi-informasi yang diperoleh pada tahap mengingat, (2) pada tahap memahami, subjek langsung menulis rumus dan mengerjakan berdasarkan rumus tersebut sampai diperoleh jawaban. Pada proses penyelesaian tidak didapati pemikiran yang berupa pemikiran subjek sendiri melainkan melaksanakan sesuai rumus yang telah direncanakan sebelumnya, (3) pada tahap mengaplikasikan, subjek menyelesaikan soal melalui cara mencermati kata-kata pada soal, hal ini menjadi landasan subjek untuk menentukan rumus apa yang akan digunakan dalam mengerjakan soal. Subjek dengan kecerdasan emosional rendah mencapai indikator hasil belajar: (1) pada tahap mengingat subjek hanya menuliskan kembali bunyi soal apa saja yang diketahui dalam menyelesaikan soal tersebut, subjek mengerjakan soal tanpa menggunakan rumus, (2) pada tahap menmahami, subjek menulis rumus dan mengerjakan berdasarkan rumus tersbut sampai diperoleh jawaban, (3) pada tahap mengaplikasikan, subjek menyelesaiakn soal dengan prosedur yang tepat tetapi tidak melakukan perhitungan dengan teliti sehingga tidak mendapatkan hasil akhir yang benar. Kata Kunci: Analisis Hasil Belajar, Aritmetika sosial, Kecerdasan emosional |