JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 12 PALU PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL |
Nama: NURFADILAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nurfadilah. 2020. “ Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 12 Palu pada materi aritmatika sosial”. Hasil Penelitian Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Muh. Hasbi, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 12 Palu pada materi aritmatika sosial. Rancangan penelitian mengacu pada desain Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari 4 komponen yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi, hasil wawancara, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A SMPN 12 Palu pada materi aritmatika sosial dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: (1) menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, (2) menyajikan informasi, (3) penomoran, (4) mengajukan pertanyaan, (5) berpikir bersama, (6) pemberian jawaban atau evaluasi, (7) memberikan penghargaan. Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran siklus I, aktivitas guru berada pada kategori baik dengan total skor 51, kemudian aktivitas siswa berada pada kategori baik dengan total skor 46 berada pada interval 40 ?TS< 52. Sedangkan hasil observasi pada pembelajaran siklus II, aktivitas guru berada pada kategori sangat baik dengan total skor 56 kemudian aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik dengan total skor 54 berada pada interval 52 ?TS? 64. Hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT mengalami peningkatan dari pembelajaran siklus I ke pembelajaran siklus II serta persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai lebih dari atau sama dengan 75 %, terlihat dari persentase ketuntasan klasikal belajar siswa pada siklus I adalah 40,9 % sedangkan pada siklus II adalah 82,6 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A SMPN 12 Palu pada materi aritmatika sosial Kata kunci : Hasil Belajar, Tipe NHT, Aritmatika sosial |