JudulANALISIS PEMECAHAN MASALAH LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BALOK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PALU BERDASARKAN TAHAPAN POLYA DITINJAU DARI KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS |
Nama: NI MADE SARI INDAHYANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Ni Made Sari Indahyani. 2022. Analisis Pemecahan Masalah Luas Permukaan dan Volume Balok Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Palu Berdasarkan Tahapan Polya Ditinjau Dari Kecerdasan Visual Spasial dan Kecerdasan Logis Matematis. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Drs. Baharuddin Paloloang, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi hasil analisis pemecahan masalah luas permukaan dan volume balok siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palu berdasarkan tahapan Polya ditinjau dari kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logis matematis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP pada tahun ajaran 2020/2021. Banyaknya subjek yang dipilih adalah dua orang siswa yang terdiri dari satu siswa yang memiliki kecerdasan visual spasial dan satu siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis. Pemilihan dilakukan secara online dimana tes kecerdasan majemuk tahap I dan tahap II diisi melalui google form oleh siswa kelas VIII SMPN 1 PALU. Setelah memberikan tes, selanjutnya peneliti melakukan rekapitulasi terhadap hasil pengisian tes kecerdasan majemuk yang telah dilakukan untuk melihat hasil yang diperoleh oleh masing-masing siswa dalam setiap tipe kecerdasan. Setelah melakukan rekapitulasi terhadap hasil pengisian tes kecerdasan majemuk diketahui bahwa pada hasil tes kecerdasan tahap I siswa yang memiliki kecerdasan visual spasial adalah sebanyak 4 orang dan siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis adalah sebanyak 3 orang. Dari hasil kecerdasan tahap I dipilih beberapa siswa untuk dilanjutkan pada tes kecerdasan majemuk tahap ke II dan terpilih 5 orang siswa untuk mengikuti tes kecerdasan majemuk tahap II yaitu siswa yang memiliki kecerdasan visual spasial sebanyak 2 orang dan siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis sebanyak 3 orang. Dari hasil tes kecerdasan majemuk tahap II, terpilih dua siswa yang memenuhi kriteria untuk menjadi subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kecerdasan visual spasial memiliki pemecahan masalah yang masih tergolong rendah. Hal ini terlihat dari kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika yang diberikan, yaitu: pada tahap (1) memahami masalah yaitu siswa mampu menentukan hal-hal apa saja yang diketahui dan mampu menentukan hal-hal yang ditanyakan dengan tepat. Pada tahap (2) menyusun rencana, siswa dengan kecerdasan visual memiliki strategi pemecahan masalah yang kurang tepat. Siswa memulai rencana dengan mencari panjang, lebar, dan tinggi balok. Pada tahap (3) melaksanakan rencana, siswa dengan kecerdasan visual spasial melaksanakan rencana pemecahan masalah sesuai dengan rencana yang dikemukakan sebelumnya, Akan tetapi penyelesaian yang dilakukan kurang tepat. Pada tahap (4) memeriksa kembali, siswa kecerdasan visual spasial melihat dan melakukan penghitungan kembali terhadap jawaban yang telah diperoleh untuk memeriksa kebenarannya dan memberikan kesimpulan jawaban akhir yang telah diperoleh. Siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis memiliki pemecahan masalah yang baik. Hal ini terlihat dari kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika yang diberikan, yaitu: pada tahap (a) memahami masalah siswa mampu menentukan hal-hal apa saja yang diketahui dan dapat menentukan hal-hal apa saja yang ditanyakan dengan tepat. Pada tahap (2) menyusun rencana, siswa kecerdasan logis matematis memiliki strategi pemecahan masalah yang tepat. Pada tahap (3) melaksanakan rencana, siswa dengan kecerdasan logis matematis melakukan penyelesaian sesuai dengan rencana yang telah disusun sebelumnya.Siswa melakukan perhitungan dengan benar dan menerapkan semua informasi yang telah dirancang sebelumnya untuk memperoleh penyelesaian. Pada tahap (4) memeriksa kembali, siswa dengan kecerdasan logis matematis melihat dan melakukan penghitungan kembali terhadap jawaban yang telah diperoleh untuk memeriksa kebenarannya. Kata kunci: Analisis, Pemecahan Masalah, Tahapan Polya, Kecerdasan Visual Spasial dan Kecerdasan Logis Matematis |