JudulPROFIL PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 7 PALU PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS |
Nama: MUKARRAMAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Pemahaman konsep siswa perlu untuk diprofilkan agar guru dapat mengetahui gambaran dari pemahaman konsep matematika yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi atau gambaran mengenai pemahaman konsep siswa kelas VIIIA SMP Negeri 7 Palu dalam menyelesaikan persamaan garis lurus ditinjau dari kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpul melalui tugas tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan pemahaman konsep siswa yang berkemampuan matematika tinggi dalam menyatakan ulang konsep persamaan garis lurus yaitu persamaan linear yang memuat dua variabel, mengidentifikasi contoh yaitu memuat dua variable dan bukan contoh tidak memuat dua variable, mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya siswa yang berkemampuan matematika tinggi menyajikan konsep persamaan garis lurus dengan menuliskan syarat dan menyelesaikan soal yang diberikan sesuai dengan urutannya.; Pemahaman konsep siswa berkemampuan sedang dalam menyatakan ulang konsep persamaan garis lurus yaitu persamaan linear yang memuat dua variabel, mengidentifikasi contoh yaitu memuat dua variable dan bukan contoh tidak memuat dua variable, mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya siswa tersebut mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat persamaan garis lurus tertentu sesuai dengan konsepnya hanya pada salah satu bentuk persamaan garis lurus pada penelitian ini, yaitu pada soal nomor 3 bagian a; Profil pemahaman konsep siswa yang berkemampuan matematika rendah dalam menyatakan ulang konsep persamaan garis lurus tidak menyatakan ulang sesuai dengan konsep yaitu persamaan yang memuat variabel, mengidentifikasi contoh dan bukan contoh, siswa tersebut tidak menjelaskan ciri persamaan garis lurus agar dapat disebut persamaan logaritma, mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya siswa tersebut tidak menyajikan konsep persamaan garis lurus dan tidak menerapkan atau mengaplikasikan konsep secara algoritma. |