JudulAnalisis Proses Kognitif Siswa SMPN 1 Palu Pada Penyelesaian Soal Aritmatika Sosial Berdasarkan Taksonomi Anderson |
Nama: LILIN NURJANAH |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kognitif siswa SMPN 1 Palu pada penyelesaian soal aritmatika sosial berdasarkan Taksonomi Anderson. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan adalah tiga orang siswa, yaitu satu siswa berkemampuan tinggi, satu siswa berkemampuan sedang dan satu siswa berkemampuan rendah. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada kategori mengingat, proses kognitif subjek berkemampuan tinggi, sedang dan rendah yaitu menuliskan rumus persentase untung berdasarkan pengalamannya. Pada kategori memahami, subjek berkemampuan tinggi dan rendah mengkategorikan rugi dengan menuliskan yang diketahui dan ditanyakan dan menggunakan strategi coba-coba, dan subjek berkemampuan rendah menuliskan yang diketahui dan ditanyakan dan menjawab dengan cara langsung. Pada kategori mengaplikasikan, subjek berkemampuan tinggi dan sedang menentukan persentase untung atau rugi menggunakan prosedur yang sesuai, subjek berkemampuan rendah belum bisa menyelesaikan soal. Pada kategori menganalisis subjek berkemampuan tinggi menemukan harga jual dengan cara menguraikan informasi pada soal kemudian menentukan hubungan-hubungannya, subjek berkemampuan sedang dan rendah belum bisa menyelesaikan soal. Pada kategori mengevaluasi subjek berkemampuan tinggi dapat memilih mana dari ketiga telepon dengan harga yang paling murah, Subjek berkemampuan sedang dan rendah belum bisa menyelesaikan soal. Pada kategori mencipta subjek berkamampuan tinggi mampu menempatkan elemen-elemen bersama pada soal untuk membuat harga jual, subjek berkemampuan sedang dan rendah belum bisa menyelesaikan soal. |