JudulKEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SIRENJA |
Nama: PUJI WAHYU SETIAWATY |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematika siswa beradasarkan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 3 orang siswa, yaitu siswa dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan tehnik purposive sampling dalam pengambilan sampel. Materi yang digunakan adalah materi aritmatika sosial Instrumen dalam penelitian ini berupa angket gaya belajar, tes materi aritmatika sosial dan panduan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan representasi matematika siswa yang memiliki gaya belajar visual memiliki kemampuan matematis sedang. (2) Kemampuan respresentasi matematika siswa yang memiliki gaya auditorial adalah sedang. (3) Kemampuan respresentasi matematika siswa ditinjau dari gaya kinestetik tergolong rendah. |