JudulPROFIL BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII SMPN 2 SINDUE DITINJAU DARI JENIS KELAMIN |
Nama: DINI FATIKASARI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sindue dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan linear satu variable ditinjau dari jenis kelamin. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sindue yang terdiri dari 2 orang yaitu siswa perempuan yang berkemampuan matematika tinggi, dan siswa laki-laki berkemampuan matematika tinggi yang dipilih berdasarkan pengolahan nilai raport matematika pada semester genap 2021/2022. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan (1) Profil berpikir kreatif siswa perempuan berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal a)berpikir terperinci, subjek menguraikan hal-hal yang diketahui serta hal ditanyakan oleh soal juga menjelaskan secara detail langkah demi langkah penyelesaian soal maupun pengecekkan kembali jawaban yang diperoleh b) berpikir orisinal, mampu menyelesaikan soal dengan cara setiap sisi-sisi pada segitiga dibuat pertidaksamaan baru sesuai dengan konsep bangun datar, dimana tidak ada panjang sisi yang sama dengan nol maupun kurang dari nol. Setelah diperoleh penyelesaiannya menguji masing-masing penyelesaian dan memasukkan ke pertidaksamaan yang diketahui sehingga diperoleh penyelesaian yang tepat. c) berpikir lancar, mampu menyelesaikan soal yang diberikan dengan menggunakan dua cara. Cara pertama mensubtitusikan panjang sisi pada segitiga kepertidaksamaan yang diketahui kemudian diselesaikan dan diperoleh penyelesaiannya. Cara kedua, menggunakan konsep bangun datar sehingga dibuat pertidaksamaan baru dan diselesaikan lalu diuji manakah yang merupakan penyelesaian yang tepat dari soal yang diberikan. (2) Profil berpikir kreatif siswa laki-laki berkemampuan matematika tinggi dalam a) berpikir terperinci, mampu menguraikan hal-hal yang diketahui serta hal ditanyakan oleh soal. Mampu menjelaskan secara detail langkah demi langkah penyelesaian soal maupun pengecekkan kembali jawaban yang diperoleh. b) berpikir orisinal, mampu melakukan pengecekkan kembali jawaban yang diperoleh.c) berpikir lancar, menggunakan lebih dari satu cara ketika peneliti meminta subjek untuk menyelesaikan soal yang diberikan. Kata kunci: Profil berpikir kreatif, pertidaksamaan linear satu variabel, jenis kelamin |