Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Penyelesaian Soal Himpunan Pada Siswa Kelas VII SMPN 12 Palu
Nama: INDAH ASRI AYU
Tahun: 2023
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi dari bagaimana Profil Penyelesaian Soal Himpunan Siswa Kelas VII SMPN 12 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPN 12 Palu yang terdiri dari masing-masing satu siswa berkemampuan matematika tinggi, berkemampuan matematika sedang dan berkemampuan matematika rendah. Data dikumpulkan dengan metode tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMPN 12 Palu yang memiliki kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal himpunan yaitu dapat memenuhi 3 indikator penyelesaian soal matematika yaitu (a) mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, yang ditanyakan, dan kecukupan unsur yang diperlukan; (b) merumuskan penyelesaian matematika atau menyusun model matematika; (c) menerapkan strategi untuk menyelesaikan berbagai soal (sejenis dan soal baru) dalam atau luar matematika, dan tidak memenuhi 1 indikator yaitu (d) menjelaskan atau menginterpretasikan hasil penyelesaian menggunakan matematika secara bermakna. Penyelesaian siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal himpunan yaitu dapat memenuhi 2 indikator penyelesaian soal matematika yaitu (a) mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, yang ditanyakan, dan kecukupan unsur yang diperlukan; (b) merumuskan penyelesaian matematika atau menyusun model matematika, dan tidak memenuhi 2 indikator yaitu (c) menerapkan strategi untuk menyelesaikan berbagai soal (sejenis dan soal baru) dalam atau luar matematika, dan tidak memenuhi 1 indikator yaitu (d) menjelaskan atau menginterpretasikan hasil penyelesaian menggunakan matematika secara bermakna. Penyelesaian siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal himpunan yaitu dapat memenuhi 1 indikator penyelesaian soal matematika yaitu (a) mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, yang ditanyakan, dan kecukupan unsur yang diperlukan, dan tidak memenuhi 2 indikator yaitu (b) merumuskan penyelesaian matematika atau menyusun model matematika; (c) menerapkan strategi untuk menyelesaikan berbagai soal (sejenis dan soal baru) dalam atau luar matematika, dan tidak memenuhi 1 indikator yaitu (d) menjelaskan atau menginterpretasikan hasil penyelesaian menggunakan matematika secara bermakna.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up