Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 9 Palu Dalam Memecahkan Soal Cerita Barisan Dan Deret
Nama: ALEXANDER MATOMPI
Tahun: 2021
Abstrak
Alexander Matompi 2021. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 9 Palu dalam Memecahkan Soal Cerita Barisan dan Deret. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengatahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Sutji Rochaminah, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang proses berpikir kritis siswa SMP Negeri 9 Palu dalam memecahkan masalah soal cerita materi barisan dan deret. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 9 Palu yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan matematika tinggi, 1 orang siswa berkemampuan sedang dan 1 orang siswa berkemampuan rendah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa berkemampuan matematika tinggi yaitu: (1) Pada kriteria fokus siswa menuliskan pada lembar jawaban semua informasi yang diketahui dan ditanyakan dari masalah dengan tepat., (2) Pada kriteria reason siswa memberikan alasan yang tepat untuk mendukung langkah-langkah penyelesaian dan kesimpulan yang dibuatnya., (3) Pada kriteria inference siswa memberikan kesimpulan dari masalah yang diberikan., (4) Pada kriteria situation siswa menggunakan semua informasi yang sesuai dengan masalah yang diberikan.,(5) Pada kriteria clarity siswa menjelaskan istilah-istilah yang terdapat dalam soal., (6) Pada kriteria overview siswa mengecek atau memeriksa kembali apa yang telah dikerjakannya. Hasil penelitian siswa berkemampuan matematika sedang yaitu: (1) Pada kriteria fokus siswa memberikan semua informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan tepat., (2) Pada kriteria reason siswa belum bisa memberikan alasan dari langkah-langkah penyelesaian dan kesimpulan yang telah dibuatnya., (3) Pada kriteria inference siswa belum bisa memberikan kesimpulan dari semua masalah yang diberikan., (4) Pada kriteria situation siswa menggunakan semua informasi yang sesuai dengan masalah yang diberikan., (5) Pada kriteria clarity siswa tidak mampu menjelaskan semua istilah-istilah yang dalam soal., (6) Pada kriteria overview siswa mengecek dan memeriksa kembali jawaban yang telah dikerjakan pada. Hasil penelitian siswa berkemampuan matematika rendah yaitu: (1) Pada kriteria focus siswa tidak bisa menyebutkan secara lisan dan tulisan semua informasi yang diketahui dalam soal. Siswa hanya dapat menyebutkan dengan benar informasi yang ditanyakan., (2) Pada kriteri inference, reason, situation dan overview siswa tidak menyelasaikan masalah yang diberikan sehingga siswa tidak memenuhi kriteria tersebut. Kata Kunci: Profil, Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Barisan dan Deret, Kemampuan Matematika, Soal Cerita.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up