Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH PENGGUNAAN TEOREMA HERON UNTUK MENENTUKAN LUAS DAERAH SEGITIGA PADA SISWA KELAS XI MIA 1 SMA NEGERI 3 PALU
Nama: BENDELINA JUWITA PASAUNG
Tahun: 2022
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh profil pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan masalah penggunaan teorema Heron untuk Menentukan Luas Daerah Segitiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu tiga orang siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 3 Palu yang terdiri dari satu orang siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi, satu orang siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang dan satu orang siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah. Pemilihan subjek dalam penelitian ini diklasifikasikan berdasarkan nilai raport siswa dan rekomendasi dari guru. Data dikumpulkan dengan cara observasi, hasil jawaban siswa dan wawancara. Penelitian ini menggunakan langkah pemecahan masalah Polya yaitu memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali hasil pekerjaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi: (1) memahami masalah yang diberikan dengan mengidentifikasi informasi yang ada pada tugas melalui kalimat pernyataan dan perintah, (2) membuat rencana pemecahan masalah yang baik dan tepat dengan rumus L=?(s(s-a)(s-b)(s-c) ), (3) melaksanakan rencana pemecahan masalah sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya dengan tepat dan benar, (4) melakukan pemeriksaan kembali pada jawaban hasil pekerjaannya; siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang: (1) memahami masalah yang diberikan dengan mengidentifikasi informasi yang ada pada tugas melalui kalimat pernyataan dan perintah, (2) membuat rencana pemecahan masalah yang baik dan tepat dengan rumus L=?(s(s-a)(s-b)(s-c) ), (3) melaksanakan rencana pemecahan masalah sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya namun keliru dalam penyelesaiannya, (4) memeriksa kembali hasil pekerjaannya tetapi tidak menyadari kekeliruan yang ada; siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah: (1) dapat memahami masalah yang diberikan dengan mengidentifikasi kalimat pernyataan dan perintah pada tugas, (2) membuat rencana pemecahan masalah yang tidak tepat yaitu s=(a+b+c)/2, (3) melaksanakan rencana pemecahan masalah yang keliru karena tidak membuat rencana pemecahan masalah yang baik dan benar, (4) tidak memeriksa kembali hasil pekerjakan yang telah dikerjakan. Kata Kunci: Profil, Pemecahan Masalah, Teorema Heron, Luas Daerah Segitiga

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up