JudulPROFIL KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP YANG MEMILIKI KECERDASAN LINGUISTIK DOMINAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA |
Nama: GUSTI AYU PUTU TRIA OKTAFIANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Gusti Ayu Putu Tria Oktafiani. 2021. Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP yang Memiliki Kecerdasan Lingusitik Dominan dalam Memecahkan Masalah Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Muh. Rizal,M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP yang memiliki kecerdasan linguistik dominan dalam memecahkan masalah matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif yang dilakukan di SMPN 1 Palu. Subjek penelitian diambil berdasarkan hasil tes talenta yaitu kecerdasan linguistik dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kecerdasan lingustik dominan memiliki kemampuan matematika yang masih tergolong rendah, baik itu dalam hal mengingat konsep-konsep matematika yang pernah dipelajari sebelumnya, menentukan strategi penyelesaian masalah ataupun melakukan operasi hitung. Hal ini terlihat dari kemampuan siswa dalam memecahkan masalah koneksi matematis yaitu: (1) Masalah antar topik matematika, siswa tidak dapat memahami maksud soal dengan baik. Siswa tidak dapat mengaitkan informasi yang diperoleh dengan pengetahuan yang dimilikinya. Siswa tidak dapat mengenali konsep-konsep apa saja yang terdapat pada soal sehingga siswa tidak dapat menemukan adanya keterkaitan konsep antar topik matematika. Siswa tidak dapat menuliskan cara atau prosedur yang tepat untuk mengaitkan konsep-konsep yang terdapat dalam soal sehingga mengarah pada solusi yang kurang benar. (2) Masalah matematika dengan disiplin ilmu lain, siswa dapat memahami maksud soal dengan baik. Siswa dapat mengaitkan informasi yang diperoleh dengan pengetahuan yang dimilikinya, serta mengenali konsep-konsep apa saja yang terdapat pada masalah. Siswa dapat menemukan adanya keterkaitan konsep matematika dengan disiplin lmu lain dan menuliskan cara atau prosedur yang tepat untuk mengaitkan konsep-konsep yang terdapat dalam soal sehingga mengarah pada solusi yang benar. (3) Masalah matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, siswa tidak dapat memahami maksud soal dengan baik. Siswa tidak dapat mengaitkan informasi yang diperoleh dengan kejadian sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa mengenali konsep matematika yang terdapat pada soal namun tidak dapat menemukan adanya keterkaitan konsep matematika tersebut dengan kejadian sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa tidak dapat menuliskan cara atau prosedur yang tepat untuk menyelesaikan soal yang diberikan. Kata kunci: Profil, Koneksi Matematis, Kecerdasan Linguistik Dominan |