JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH PERSAMAAN KUADRAT SISWA KELAS XI MIPA 1 SMAN 5 PALU DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA |
Nama: NILUH RIULAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memprofilkan pemecahan masalah persamaan kuadrat siswa Kelas XI MIPA 1 SMAN 5 Palu. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 3 orang siswa masing-masing satu siswa dengan kemampuan matematika tinggi (FE), sedang (NS), dan rendah (AIP). Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode tugas dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (1) dalam memahami masalah, FE menyebutkan dan menuliskan semua informasi yang diketahui dan ditanyakan. Dalam menyusun rencana, FE membuat pemisalan dan membuat model matematika dari informasi yang diketahui serta menggunakan rumus untung untuk menentukan bentuk persamaan dari masalah yang diberikan. Pada tahap melaksanakan rencana, FE mampu menemukan bentuk persamaan dari masalah dengan benar, yaitu persamaan kuadrat dan menyelesaikan persamaan tersebut menggunakan metode pemfaktoran. Pada tahap melihat kembali, FE memperhatikan kembali hasil perhitungan yang telah dilakukan; (2) dalam memahami masalah, NS menyebutkan dan menuliskan semua informasi yang diketahui dan ditanyakan. Dalam menyusun rencana, NS membuat pemisalan dan membuat model matematika dari informasi yang diketahui serta menggunakan rumus untung untuk menentukan bentuk persamaan dari masalah yang diberikan. Pada tahap melaksanakan rencana, NS mampu menemukan bentuk persamaan dari masalah dengan benar, yaitu persamaan kuadrat. NS tidak mampu menyelesaikan persamaan tersebut. NS tidak melakukan tahap melihat kembali jawaban dikarenakan NS tidak menyelesaikan masalah yang diberikan; (3) dalam memahami masalah, AIP menyebutkan dan menuliskan semua informasi yang diketahui dan ditanyakan. Pada tahap menyusun rencana, AIP melakukan kesalahan dalam pemisalan, yaitu memisalkan harga beli dan harga jual serta tidak menyebutkan rumus yang akan digunakan untuk mencari bentuk persamaan dari masalah. Pada tahap melaksanakan rencana, AIP tidak menemukan bentuk persamaan dari masalah yang diberikan. AIP tidak melihat kembali jawaban dikarenakan AIP tidak menyelesaikan masalah yang diberikan. Kata kunci: profil, pemecahan masalah, persamaan kuadrat, kemampuan matematika |