Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Metakognisi Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri Model 3 Sigi Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian
Nama: MULIADI
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil metakognisi siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri Model 3 Sigi dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil angket The Keirsey Temperament Sorter (KTS) sebanyak empat orang siswa bertipe kepribadian guardian, artisan, rational, dan idealist. Hasil penelitian menunjukkan profil metakognisi siswa tipe kepribadian guardian dalam memecahkan masalah matematika mampu untuk memenuhi semua indikator aktivitas metakognisi planning, monitoring, dan evaluating, tetapi siswa dalam planning keliru saat menuliskan yang diketahui, tidak menuliskan yang ditanyakan dari soal, dan menuliskan hasil akhir yang diperoleh tetapi tidak menuliskan keterangannya secara lengkap. Dalam evaluating, siswa tidak menilai kesesuaian hasil penyelidikan berdasarkan prosedur dan langkah-langkah yang dilakukan dalam memecahkan masalah, tetapi ia yakin dengan hasil penyelidikannya bahwa hasil yang telah ia peroleh itu benar. Profil metakognisi siswa tipe kepribadian artisan dalam memecahkan masalah matematika mampu untuk memenuhi semua indikator aktivitas metakognisi planning, monitoring, dan evaluating, tetapi siswa dalam planning menuliskan hasil akhir yang diperoleh tetapi tidak menuliskan dengan keterangan yang lengkap. Dalam evaluating, siswa tidak menilai kesesuaian hasil penyelidikan berdasarkan prosedur dan langkah-langkah yang dilakukan dalam memecahkan masalah, tetapi ia yakin dengan hasil penyelidikannya bahwa hasil yang telah ia peroleh itu benar. Profil metakognisi siswa tipe kepribadian rational dalam memecahkan masalah matematika mampu untuk memenuhi semua indikator aktivitas metakognisi planning, monitoring, dan evaluating, tetapi siswa dalam planning menuliskan hasil akhir yang diperoleh tetapi tidak menuliskan dengan keterangan yang lengkap. Profil metakognisi siswa tipe kepribadian idealist dalam memecahkan masalah matematika mampu untuk memenuhi semua indikator aktivitas metakognisi planning, monitoring, dan evaluating, tetapi siswa dalam planning keliru saat menuliskan yang diketahui, tidak menuliskan yang ditanyakan dari soal, dan menuliskan hasil akhir yang diperoleh tetapi tidak menuliskan keterangannya secara lengkap.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up