JudulANALISIS PENYELESAIAN SISWA PADA SOAL PERSAMAAN TRIGONOMETRI DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 5 MODEL PALU |
Nama: ASWAN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Aswan, 2020. “Analisis Penyelesaian Siswa Pada Soal Persamaan Trigonometri di Kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Model Palu”. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Gandung Sugita. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penyelesaian siswa berkemampuan matematika tinggi pada soal persamaan trigonometri fungsi sinus di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Model Palu, (2) mendeskripsikan penyelesaian siswa berkemampuan matematika tinggi pada soal persamaan trigonometri fungsi cosinus di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Model Palu, (3) mendeskripsikan penyelesaian siswa berkemampuan matematika tinggi pada soal persamaan trigonometri fungsi tangen di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Model Palu, (4) mendeskripsikan penyelesaian siswa berkemampuan matematika rendah pada soal persamaan trigonometri fungsi sinus di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Model Palu, (5) mendeskripsikan penyelesaian siswa berkemampuan matematika rendah pada soal persamaan trigonometri fungsi cosinus di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Model Palu, (6) mendeskripsikan penyelesaian siswa berkemampuan matematika rendah pada soal persamaan trigonometri fungsi tangen di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Model Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa yang diambil dari 30 siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 5 Model Palu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyelesaian siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri fungsi cosinus: (1) mengubah persamaan trigonometri pada soal menjadi persamaan trigonometri bentuk cos x = a, (2) mengubah persamaan trigonometri bentuk cos x = a menjadi persamaan trigonometri bentuk cos x = cos ?, (3) mensubstitusi ? ke rumus x= ?+k.360 atau x=- ?+k.360, (4) memilih nilai k untuk disubtitusi ke rumus, (5) menentukan himpunan penyelesaian. Penyelesaian siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri fungsi tangen: (1) mengubah persamaan trigonometri pada soal menjadi bentuk persamaan trigonometri tan x = a, (2) mengubah persamaan trigonometri bentuk tan x = a menjadi persamaan trigonometri tan x = tan ?, (3) mensubstitusi ? ke rumus x= ?+k.360, (4) memilih nilai k untuk disubtitusi ke rumus, (5) menentukan himpunan penyelesaian. Penyelesaian siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri fungsi sinus: (1) mengubah persamaan trigonometri pada soal menjadi persamaan trigonometri sin x = a, (2) mengubah persamaan trigonometri bentuk sin x = a menjadi persamaan trigonometri sin x = sin ?, (3) mensubstitusi ? ke rumus x= ?+k.360 atau x=(180-?)+k.360, (4) memilih nilai k untuk disubtitusi ke rumus, (5) menentukan himpunan penyelesaian. Penyelesaian siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri fungsi cosinus: (1) mengubah persamaan trigonometri pada soal menjadi persamaan trigonometri cos x = a, (2) mengambil nilai sudut pada persamaan cos x = a untuk memperoleh nilai x, dan (3) menentukan nilai x. Penyelesaian siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri fungsi tangen: (1) mengambil nilai sudut pada persamaan tan x = a untuk memperoleh nilai x, dan (2) menentukan nilai x. Penyelesaian siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri fungsi sinus: (1) mengubah persamaan trigonometri pada soal menjadi persamaan trigonometri sin x = a, (2) mengambil nilai sudut pada persamaan sin x = a untuk memperoleh nilai x, dan (3) menentukan nilai x. Kata kunci : analisis, penyelesaian, persamaan, trigonometri. |